Penerapan Hypnocaring untuk Perawat

24/09/2013 11:16
Keperawatan, merupakan suatu ilmu dan seni untuk mengembalikan fungsi normal tubuh dengan batuan asuhan keperawatan. Keperawatan adalah suatu bentuk profesi yang ditujukan pada manusia sebagai klien/pasien. Keprofesian keperawatan menggunakan proses yang sistematis dalam memberikan asuhan dan secara humanistic, altruistic, holistic, interpersonal, sehingga tercapai suatu tingkat kepuasan tertentu, sebagaimana yang telah disepakati. Orientasi keperawatan adalah membantu ketercapaian kesehatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam bentuk praktik keperawatan.
Kasus-kasus yang sering terjadi di masyarakat dan bisa di berikan asuhan keperawatan mandiri oleh perawat, seperti, hypertension, diabetes mellitus, hyper cholesterol, hyper uric acid, hyper triglyceride, obesities, depression, migraine, phobia, anxieties, hysteria, kesurupan,  gangguan perilaku seperti alcoholism, smoker, bulimia, sleepless, malas tidak bergairah, semangat belajar rendah, kurang percaya diri dan lain-lain.
Melihat kondisi kesehatan di Indonesia, keperawatan tidak harus terfokus pada pelayanan di rumah sakit, tetapi lebih pada upaya mencegah untuk terjadi kesakitan yang lebih parah dan segera menuntaskan sampai akar permasalahan yang ada. Ini sangat beralasan, karena biaya perumah sakitan sangat tinggi, bahkan tidak terjangkau masyarakat, sehingga Negara harus memberikan subsidi trilyunan rupiah.
Untuk itu keperawatan yang tergolong bentuk pelayanan professional termuda di Indonesia, sudah sepantasnya mengambil bagian menuntaskan permasalahan kesehatan di Indonesia dan atau bahkan mendunia. Dalam hal ini mari kita bahas tentang apa hypnosis dan hypnocaring sebagai upaya modalitas keperawatan dalam menyelesaikan masalah kesehatan tersebut.